Senin, 04 April 2011

Empat "Alien" MotoGP

Banyak Rider Menantang Alien






SEPEKAN lagi penggemar MotoGP bisa menyaksikan awal persaingan seru musim 2011. Balapan malam hari di Losail, Qatar, menjadi pembuka perebutan gelar juara dunia. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, persaingan di MotoGP 2011 diprediksi bakal lebih “brutal”.
Daftar unggulan masih berkisar kepada empat "alien" MotoGP, yaitu juara bertahan Jorge Lorenzo, pembalap anyar Repsol Honda Casey Stoner, Dani Pedrosa dan pembalap Ducati Valentino Rossi. Tapi, barisan kuda hitam makin banyak. Sebut saja pembalap tim Repsol Honda lainnya, Andrea Dovizioso serta Marco Simoncelli yang membela tim satelit Honda Gresini. Pembalap Ducati Nicky Hayden juga menjadi ancaman bagi para "alien" itu.
Bos tim Rizla Suzuki Paul Denning beranggapan musim 2011 akan menjadi musim brutal. Penggemar MotoGP bakal disuguhi persaingan yang seru di tiap balapan oleh 17 pembalap yang masuk line-up. Menurutnya, musim depan akan menjadi musim paling seru dari yang pernah berlangsung.
"Dari awal hingga akhir, akan menjadi balapan yang brutal. Banyak yang bilang dari jumlah grid pembalap. Tapi itu bukan jaminan," ungkap Denning kepada MCN.
Denning mencontohkan pada era 500 cc tahun 1990-an. Ada 30 pembalap yang ikut bersaing di hampir tiap balapan. Namun, yang benar-benar bersaing di papan atas hanya Michael Doohan dan beberapa pembalap. Doohan dan delapan pembalap terdepan tiga detik jauhnya dari pembalap berikutnya.
"Sebelumnya, ada pertarungan lima hingga enam pembalap. Tahun ini Anda mendapatkan sepuluh atau bahkan 12 pembalap yang punya kemampuan untuk di depan di setiap akhir pekan," lanjut Denning.
Dia menilai, persaingan ketat akan terjadi antara Honda dan Yamaha. Uji coba pramusim memang sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut.
"Dani dan Casey jelas akan bersaing satu sama lain. Tapi saya kira dengan karakteristik terbaiknya, Yamaha akan berada di depan saat berlomba di lintasan dengan grip yang kurang. Itu karena sifat asli halus pada motor mereka yang akan membantu para pembalapnya," tambahnya.
"Tapi saya kira, kelompok tiga atau empat pembalap (terdepan) di beberapa balapan akan bertambah, menjadi delapan pembalap," tegasnya.(ady/jpnn/zal)

From :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar